Lembaga Penjaminan Mutu | IAIN Pekalongan

  • Sosialisasi LAM
    Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Internasional oleh Dr. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc dan Kusmana, M.A., Ph.D.
  • Sertifikasi ISO
    IAIN Pekalongan Raih Sertifikasi ISO 21001:2018 EOMS
  • Rekrutmen Auditor
    Pelatihan dan Rekrutmen Auditor Internal 2019
  • Rektor IAIN Pekalongan Periode 2021-2025
  • Pelatihan APS 4.0
    Pelatihan Penyusunan Borang APS 4.0 oleh Prof. Dr. Suwito, M.A.
  • Workshop BKD Online
    Workshop BKD Online 2019
  • Selamat dan Sukses Dr. Amat Zuhri, M.Ag.

Tingkatkan Kompetensi Auditor, LPM Gelar Refreshment Auditor AMI

E-mail Print PDF

2020-refreshment-auditor

Komitmen mutu merupakan salah satu prinsip yang harus dimiliki oleh suatu oganisasi termasuk institusi pendidikan sebagai upaya untuk membangun sistem manajemen mutu yang baik. Hal inilah yang dilakukan oleh IAIN Pekalongan, yaitu melakukan kegiatan Refreshment Auditor sebagai persiapan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) pada akhir tahun ini. Kegiatan refreshment tersebut berlangsung selama 3 Hari di Hotel Regina Pemalang, 28-30 Agustus 2020 dengan protokoler covid-19.

Dalam acara pembukaan, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pekalongan selaku penyelenggara memberikan sambutan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberi penyegaran materi-materi dasar audit serta membekali para auditor pada Audit Mutu Internal (AMI) yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 1-15 September 2020. AMI juga merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh perguruan Tinggi sebagai bentuk refleksi evaluasi diri yang dilakukan oleh institusi. Dalam bahasa spiritualitas Islam, barangkali AMI ini bisa disebut dengan "Muhasabah". Muhasabah lewat AMI ini memiliki tujuan di antaranya untuk mengetahui tingkat kesesuaian dan keefektivan implementasi Sistem Manajemen Mutu yang telah ditetapkan dan menjadi penuntun strategi bagi Perguruan Tinggi dalam mencapai tujuannya sesuai dengan Visi Misi yang telah disepakati. Perguruan Tinggi yang tidak mau atau tidak serius melakukan Muhasabah lewat AMI ini tidak akan mengetahui kekurangan-kekurangannya dan bersiap-siaplah untuk ditinggalkan oleh calon "pelanggan". Oleh karena itu AMI ini sangatlah penting dilakukan untuk menjaga keberlangsungan sebuah perguruan tinggi.

Acara Refreshment Auditor AMI tersebut menghadirkan menghadirkan 2 (dua) narasumber dari UIN Malang, yaitu Dr. Helmi Syaifuddin, MA. selaku Sekretaris LPM UIN Malang dan Rosihan Aslihuddin, S.Sos., M.AB selaku staf profesional LPM UIN Malang. Dalam sesi awal, narasumber menyampaikan pentingnya continual improvement suatu organisasi. Untuk itulah kemudian manajemen berbasis risiko (risk based management) sangat penting untuk diterapkan dan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) sebagai ruh sistem penjaminan mutu internal diterapkan. Dari pendekatan risiko, penetapan standar dilakukan. Kemudian melalui sistem penjaminan mutu internal, perbaikan secara berkesinambungan dilakukan.

Pada hari kedua, narasumber juga menyampaikan materi-materi dasar audit dan menjelaskan klausul-klausul ISO 21001:2018 sebagai bahan sistem penjaminan mutu internal dengan mensinkronkan kriteria/standar akreditasi BAN-PT. (LPM)