Lembaga Penjaminan Mutu | IAIN Pekalongan

  • Sertifikasi ISO
    IAIN Pekalongan Raih Sertifikasi ISO 21001:2018 EOMS
  • Workshop BKD Online
    Workshop BKD Online 2019
  • Pelatihan APS 4.0
    Pelatihan Penyusunan Borang APS 4.0 oleh Prof. Dr. Suwito, M.A.
  • Sosialisasi LAM
    Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Internasional oleh Dr. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc dan Kusmana, M.A., Ph.D.
  • Rekrutmen Auditor
    Pelatihan dan Rekrutmen Auditor Internal 2019

Tingkatkan Kualitas Sistem Informasi Penjaminan Mutu, LPM IAIN Pekalongan Melakukan External Benchmarking ke Telkom University

E-mail Print PDF

2021-tel-u-1

Pada hari Kamis sampai Sabtu tanggal 4 sampai 6 November 2021, tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas IAIN Pekalongan yang dipimpin oleh Ketua LPM, Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag. melakukan external benchmarking ke Telkom University Bandung. Kunjungan ini bertujuan mempelajari Sistem Informasi Penjaminan Mutu sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sistem penjaminan mutu di IAIN Pekalongan. Ketua Satuan Audit Internal (SAI) Telkom University, Roswan Latuconsina, S.T., M.T. (RLC) menyatakan dalam sambutannya bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan tersebut. Harapannya, kunjungan tersebut dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak. Beliau juga menjelaskan bahwa Penjaminan Mutu di Telkom University terbagi menjadi dua bagian, yaitu Satuan Penjaminan Mutu (SPM) dan Satuan Audit Internal (SAI).

2021-tel-u-2

Selama diskusi, Ketua SAI Telkom University memaparkan perihal tugas dari kedua bagian tersebut. SPM melaksanakan tugas untuk proses akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi serta penetapan standar. SAI melaksanakan evaluasi Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) melalui proses audit atas penyelenggaraan kegiatan akademik dan pengelolaan pendukung akademik dalam rangka penjaminan mutu institusi. Secara umum, SAI memiliki tugas melakukan pengukuran terhadap pencapaian target-target dalam kerangka penjaminan mutu Telkom University melalui kegiatan audit internal; melakukan kegiatan survei untuk mendapatkan feedback dari mahasiswa, pegawai, dan calon wisudawan; serta pengelolaan penanganan keluhan, baik dari mahasiswa maupun pegawai.

Audit Mutu Internal (AMI) dilaksanakan di Telkom University dua kali dalam setahun (AMI 1 dan AMI 2). Kegiatan AMI 1 berbasis SN Dikti yang mana checklistnya sesuai dengan SPMI dan standar ISO. Kegiatan AMI 2 yaitu Audit Tematik yang menggunakan checklist sesuai klausul ISO 20000 dan ISO 27000.

Selain pemaparan materi dan informasi, LPM IAIN Pekalongan juga diberikan kesempatan untuk belajar berbagai best practice kegiatan penjaminan mutu di Telkom University. Kegiatan ini meliputi pengelolaan akreditasi perguruan tinggi dan program studi berbasis aplikasi board dan pelaksanaan audit mutu internal berbasis aplikasi https://ames.web.id.

2021-tel-u-3

Kunjungan ini menjadi bekal LPM IAIN Pekalongan untuk mengelola Penjaminan Mutu menjadi lebih baik, khususnya dalam pengelolaan audit, baik internal maupun internal. LPM juga dapat bekerja sama dengan semua pihak untuk mempersiapkan secara matang proses akreditasi Perguruan Tinggi maupun akreditasi Program Studi. (LPM)