Lembaga Penjaminan Mutu | IAIN Pekalongan

  • Pelatihan APS 4.0
    Pelatihan Penyusunan Borang APS 4.0 oleh Prof. Dr. Suwito, M.A.
  • Sertifikasi ISO
    IAIN Pekalongan Raih Sertifikasi ISO 21001:2018 EOMS
  • Sosialisasi LAM
    Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Internasional oleh Dr. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc dan Kusmana, M.A., Ph.D.
  • Workshop BKD Online
    Workshop BKD Online 2019
  • Rekrutmen Auditor
    Pelatihan dan Rekrutmen Auditor Internal 2019

UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Auditor AMI 2022

E-mail Print PDF

pka-ami-22-1

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Auditor Audit Mutu Internal (AMI). Acara ini dilaksanakan selama empat hari dimulai Hari Rabu hingga Sabtu pada tanggal 20-23 Juli 2022 di Hotel Dafam Semarang Kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi auditor dalam menghadapi pelaksanaan AMI tahun 2022. Dalam kegiatan ini, LPM UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan diundang oleh Tim Satuan Audit Internal (SAI) dari Universitas Telkom Bandung yang terdiri atas empat orang. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta dari auditor, Gugus Kendali Mutu (GKM) dan tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Prof. Dr. Zaenal Mustakim, M.Ag. menyambut baik dengan menghadiri langsung dan membuka kegiatan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan peningkatan kompetensi ini diperuntukkan untuk para auditor yang sudah memiliki pengalaman dalam melakukan audit. Harapannya, melalui pelatihan selama empat hari, para auditor tidak hanya meningkatkan sistem penjaminan mutu, tetapi juga bisa membantu membangun budaya mutu di lingkungan UIN K.H. Abdurrahman Wahid. Selain itu, pelaksanaan AMI tahun 2022 ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya terutama dalam melakukan teknik wawancara selama proses audit sehingga auditee bisa bekerja sama dan menyadari kekurangan atau ada hal yang tidak tepat dalam pelaksanaannya.

Pelatihan dimulai dengan pelaksanaan pre-test pada hari ke dua selama 60 menit. Kemudian pemberian materi meliputi Introduction Internal Quality Auditor, Implementing Internal Quality Auditor dan Evaluating Quality Auditor. Materi disampaikan langsung oleh narasumber Arry Widodo mengenai audit internal, teori AMI, dan teknik AMI dalam pendidikan. Para auditor cukup antusias mengikuti pelatihan dengan beberapa orang memberikan pertanyaan seputar masalah dan kendala yang seringkali terjadi pada proses AMI di UIN K.H. Abdurrahman Wahid di tahun-tahun sebelumnya. Narasumber juga memberikan gambaran terkait pelaksanaan audit yang selama ini dilakukan di Universitas Telkom, di mana salah satunya menggunakan bantuan Audit Management System (AMeS).

AMeS merupakan aplikasi yang dapat membantu serta mempermudah proses berlangsungnya audit Internal. Keunggulannya adalah melaksanakan audit secara online melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) Desk Evaluation yaitu pengisian checklist pada aplikasi AMeS oleh auditee, 2) Audit Dokumen, 3) Opening Meeting, 4) Audit Visit (online) untuk Direktorat, 5) Audit Visit (online) untuk Fakultas dan 6) Closing Meeting.

pka-ami-22-2

Selain pemberian materi, diadakan pula demonstrasi dan praktik langsung penggunaan aplikasi AMeS. Tiga orang auditor masing-masing berperan sebagai user admin, auditee dan auditor yang dipandu oleh narasumber I Putu Gede Jati Arya Sentana. User admin bertugas untuk menyiapkan struktural, membuat standar dan checklist. Sementara user auditee bertugas menjawab pertanyaan yang ditampilkan user admin dalam menu checklist dengan memberikan bukti dan status jawaban apakah sesuai atau tidak sesuai. Selanjutnya untuk user auditor bertugas memverifikasi jawaban dari pertanyaan yang sudah diinput oleh auditee, memberikan penilaian apakah sesuai atau tidak, mengisi kolom catatan auditor jika tidak sesuai, mengisi kategori temuan, mengisi PIC (Person In Charge), dan mengisi Rencana Perbaikan dan Tindakan Lanjut untuk memberikan rekomendasi kepada auditee dengan tenggat waktu tertentu. Setelah proses audit selesai menggunakan AMeS, berita acara hasil audit bisa diakses jika sudah disetujui oleh auditee.

Pada hari terakhir, peserta melaksanakan post-test dan memberikan feedback atas pemberian materi pelatihan. Pelatihan peningkatan kompetensi auditor AMI ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Harapannya, para auditor dan GKM bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam membangun budaya mutu UIN K.H. Abdurrahman Wahid melalui pelaksanaan AMI yang lebih baik. (LPM)